Kamis, 30 Agustus 2012

Angkutan/ Transportasi Yang Ada di Aceh


Setiap daerah memiliki ciri khas, lagu daerah, bahasa daerah, adat istiadat dan tarian yang tak sama antara satu daerah dengan daerah lainnya. Hal ini juga berlaku pada angkutan atau alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat atau penduduk yang mendiami daerah tersebut. Karena mengingat hal tersebut, maka pada Malam ini blognyayanies akan berbagi foto-foto mengenai Angkutan/ Transportasi Yang Ada di Aceh.  Pasti sobat bertanya-tanya Kenapa blognyayanies memilih angkutan di daerah Aceh ?? Hmmm.... Kalau Itu karena saya Asli berasal dari aceh sobb (bisa dikatakan postingan kali ini seperti promosi wilayah lah) hehehe. 

Oke sobb, Untuk mempersingkat kepenasaranan sobat-sobat semua khususnya yang diluar Aceh, langsung saja kita lihat penampakannya.



Moto Labi-Labi 

Angkutan umum yang satu ini di Banda Aceh disebut labi-labi, atau yang biasa disebut dengan angkot merupakan salah satu angkutan masyarakat yang paling sering dijumpai di kota Banda Aceh dengan tarif jauh dekat sama, Rp 2000,-. Bisa juga disewa perhari. Labi-labi juga merupakan angkutan khas di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam. dengan pintu masuk dari bagian belakang mobil. Terminal labi-labi ada di Jalan Cut Meutia, Keudah, Banda Aceh.



2. Bus Kota dan Damri


Bus Damri

Bus Antar Kota dan Propinsi

Rute damri cuma dari Pasar Aceh - Darussalam. Karena biasanya mengangkut mahasiswa, tarif damri lebih murah dibandingkan labi-labi, yaitu Rp 500,- (bisa disewa perhari juga).


3. Becak Motor


Becak Motor

Angkutan yang satu ini ada dimana-mana dan siap mengantar anda kemana-mana. Tarif tergantung jarak yang ditempuh.


4. Kereta Api (1874-1982)


Kereta api tempo dulu 

Monumen Peninggalan Sejarah Lokomotif kereta api Aceh 

Nenekku pernah cerita, kalau dulu beliau ke sekolahnya naik kereta api dari pelabuhan Ulee-lheue ke Kutaraja (Banda Aceh). Dulunya Kereta api juga termasuk angkutan umum warga Banda Aceh. Panjang relnya sekitar 5 KM. Tapi pada tahun 1982 Banda Aceh resmi sudah tidak memiliki kereta api lagi. Hal ini dikarenakan tidak mampu bersaing dengan sarana transportasi jalan raya yang sudah semakin baik dan onderdil kereta api yang semakin sulit dicari.


5. Angkatan Laut

Boat/Kapal nelayan

 Kapal Laut


Sebuah kapal nelayan digunakan untuk mengangkut pemudik Pulau Aceh meninggalkan kawasan Lampulo di Banda Aceh, Sabtu (18/8). Angkutan menuju ke Pulau Aceh yang memiliki 17 desa itu merupakan angkutan lebaran terakhir dan akan aktif kembali pada  Idul Fitri 1433 Hijriah.


6. Transportasi Massal

Angkutan Massal (Cevrolet dan Datsun)

Transportasi publik sangat minim harga barang dan jasa sangat tergantung dari angkutan darat ,jasa angkutan publik yang sangat dibutuhkan masyarakat Aceh kian hari terpuruk Jaminan adanya transportasi masal makin buram, saat ini masyarakat Aceh berharap kembalinya jasa transpostrasi Masal Kereta api, dulu kereta api yang pernah berjaya di serambi mekah. Transportasi kereta api pemecah masalah transportasi masal di Indonesia, dan Aceh Butuh kereta api


Demikianlah postingan kali ini yang berhasil di kutip dari berbagai sumber oleh blognyayanies dan dibagikan buat sobat-sobat sekalian alam yang pastinya bukan berasal dari Aceh (kalau orang Aceh dah pasti tau). Jika sobat-sobat penasaran ingin mencoba angkutan umum yang ada di Aceh tersebut, sobat bisa langsung Holliday aja ke Aceh. Karena selain bisa mencoba angkutan umum, sobat juga bisa meresapi indahnya alam wisata dan juga mencicipi nikmatnya masakan dari Aceh. Selain itu sobat jangan lupa juga membeli oleh-oleh khas Aceh sebagai cindera mata buat sobat bawa pulang ke kampung halaman sobat. 


2 komentar: